Skip to main content
x
Kampus
Pertemuan Tim Percepatan Transformasi IAIN Bengkulu

Tim Bertemu Putra Bung Karno, Transformasi IAIN Bengkulu Menjadi UIN April 2021

Dutawarta.com - Tim percepatan transformasi IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Soekarno mendatangi keluarga Bung Karno, yaitu Guruh Soekarno Putra. Dalam pertemuan itu tim memaparkan progres menuju perubahan tersebut yang hampir rampung. Rencananya pada bulan April tahun 2021 IAIN Bengkulu resmi naik statusnya menjadi UIN Fatmawati Soekarno.

“Alhamdulillah, kami sudah bertemu langsung dengan Putra Bung Karno. Yaitu saudara Guruh Soekarno Putra. Dan kami bersama ketua tim percepatan transformasi memaparkan persiapan perubahan IAIN menjadi UIN Fatmawati Soekarno. Kemudian Guruh menyambut baik. Beliau sangat mengapresiasi dengan akan menjadi kurator UIN, serta akan menciptakan lagu mars hymne UIN Fatmawati Soekarno,” ungkap penasihat tim percepatan transformasi IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Soekarno, H Dadang Mishal Yofthie Suud SH, MM.

Dijelaskan oleh Dadang yang memfasilitasi pertemuan tim dengan Guruh Soekarno, proses perubahan peningkatan status IAIN menjadi UIN ini tidaklah mudah. Bahkan sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Saat ini proses tersebut akan segera rampung. Tinggal menunggu Keputusan Presiden (Kepres). Setelah itu IAIN akan resmi menjadi UIN.

“Tinggal menunggu Kepresnya. Selain IAIN Bengkulu, juga ada enam daerah lainnya yang juga mengajukan perubahan status tersebut. Jadi Kepresnya nanti sekaligus untuk perubahan enam daerah itu. Mudah-mudahan April 2021 sudah tuntas,” kata Dadang.

Rektor menyampaikan, kunjungan ini terkait Transformasi IAIN menjadi UIN, sekaligus menciptakan lagu Mars hymne UIN Fatmawati Soekarno.

Kemudian selain menunggu Kepres, juga sebelumnya ada proses hibah bangunan milik Pemda Provinsi Bengkulu kepada IAIN. Dimana proses hibahnya juga sudah masuk ke DPRD dan akan segera disahkan. 

“Kemarin juga ada kendala terkait bangunan gedung eks STQ serta gedung olahraga milik Pemda. Dimana kemarin juga sudah difasilitasi oleh Kejati agar Pemda segera menyelesaikan proses hibah gedung Pemda yang ada di lahan IAIN tersebut. Mudah-mudahan kedepan tidak ada kendala lagi dan IAIN Bengkulu segera jadi UIN,” pungkas Dadang.

Hadir dalam pertemuan Rektor IAIN Prof Dr H Sirajjudin beserta beberapa anggota tim percepatan transformasi IAIN menjadi UIN. (Rbo,rls)

Dibaca : 115Klik

Facebook comments