Skip to main content
x
Pemerintahan
Virtual Meeting

Tekan Laju Covid, Rohidin Dorong Daerah Lakukan Tes SWAB Massal

Dutawarta.com - Bentuk upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memimpin Rakor SATGAS Covid-19 Provinsi Bengkulu bersama Forkopimda Provinsi Bengkulu, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Serta Bupati/Wali kota se-Provinsi Bengkulu secara virtual di Balai Raya Semarak, Jumat (4/9/2020).

Gubernur Rohidin menyampaikan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk selalu lakukan kampanye dan edukasi agar Masyarakat menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, perlu dilaksanakan 3T, yakni Tracing, Testing, dan Treatment untuk mengetahui sejauh mana sebaran kasus di daerah.

“Sejauh ini, presentase pengendalian penanganan kasus Covid di Bengkulu sudah baik, namun perlu terus dilakukan secara menyeluruh dan selaras. Dengan begitu, angka positif rate yang sekarang yaitu 7,24, dapat turun sesuai dengan rekomendasi WHO yakni dibawah angka 5 persen,” ucap Rohidin.

Rohidin juga meminta, agar pemerintah Kabupaten/kota dapat melakukan pengambilan SWAB secara masif dan menyeluruh kepada masyarakat, agar sebaran kasus Covid-19 dapat ditangani dan kita juga sudah memiliki 4 Laboratorium yang refresentatif, dimana setiap hari mampu memeriksa hampir 200 sampel.

“Untuk mendapatkan gambaran pemetaan penanganan, harus dilakukan pengambilan tes SWAB secara menyeluruh minimum 0,39 persen dari jumlah penduduk. Sehingga dapat diketahui angka positif rate-nya berapa, angka kematiannya dapat ditekan dan angka kesembuhan dapat ditingkatkan. Dengan begitu, Covid ini segera berakhir,” tegas Rohidin.

Setelah itu, untuk penanganan kasus terkonfirmasi positif pemda setempat perlu menyiapkan lokasi khusus, agar dapat dilakukan treatment oleh tim kesehatan. Sehingga, angka kesembuhan pada suatu daerah terus bertambah.

“Terakhir, penyediaan lokasi khusus bagi pasien konfirmasi sangat diperlukan, agar memudahkan tim kesehatan melakukan pengawasan dan penanganan. Sehingga, kasus positif dapat segera tertangani,” pungkas Rohidin.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi sangat mendukung upaya yang dilakukan pemerintah sejauh ini, menurutnya beberapa kebijakan sudah sangat tepat, dan pihaknya juga akan men-support langkah-langkah tersebut hingga pandemi Covid-19 berakhir.

“Langkah yang dilakukan pemerintah sudah tepat, tinggal nanti penerapan dilapangan. Dan untuk pembagian masker, harus terus dilakukan secara masif, jika perlu setiap masker yang dibagikan dibuat seragam oleh setiap instansi. Lanal pun, akan terus memberikan dukungan sampai pandemi ini benar-benar berakhir,” cetus Yustus. (Mc/Me)

Dibaca : 8Klik

Facebook comments