Skip to main content
x
Daerah
Foto bersama

Sukseskan Kampung Berseri, Polres Beri Penghargaan Desa-Desa di Bengkulu Utara

Dutawarta.com - Polres Bengkulu Utara (BU) melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Pendidikan serta melakukan pemberian penghargaan kepada desa Wonoharjo, desa Malakoni, desa Maninjau, desa Tanjung Sari, desa Sido Mukti, dan desa Sumber Agung yang telah mensukseskan Program Kampung Berseri (bersih, sehat dan mandiri), kegiatan dilaksanakan di Aula Amarta Polres BU, Kamis (19/11/2020).

Kegiataan dihadiri langsung Pjs Bupati Bengkulu Utara, Dr H Iskandar ZO SH MSi, Kapolres BU AKBP Anton Setyo Hartanto SIK MH, Fajar Kusuma Aji SH MH Kasdim Kodim 0423 BU, dan dihadiri Camat, kepala desa dan jajaran Polres BU.

Dikatakan Kapolres BU AKBP Anton Setyo Hartanto SIK MH bahwa pemberian penghargaan kepada desa-desa yang telah melaksanakan mensukseskan Program Kampung Berseri di Kabupaten Bengkulu Utara tersebut sebagai upaya wujud apresiasi dan motivasi yang senantiasa menjaga kebersihan lingkungan rumah dan kampungnya, sehingga terbebas dari penularan Covid-19.

“Terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara dalam hal pemberdayaan masyarakat desa untuk peningkatan dan pemberdayaan masyarakat desa pada masa pandemi Covid-19. Kita mendorong agar terwujudnya kampung berseri, yang dimaknai masyarakat yang mampu memanfaatkan potensi yang ada dilingkungannya untuk membantu mendukung ketahanan pangan Bengkulu Utara dengan memanfaatkan lahan kosong/tidak produktif disekitar rumah dengan menanam tanaman kebutuhan sehari-hari seperti sayuran dan buah buahan, membuat kolam ikan dan membuat makanan industri rumahan yang hasilnya dipasarkan kepada masyarakat melalui Bumdes.

“Pembentukan Kampung Berseri ini diharapkan mampu membangkitkan jiwa kompetitif masyarakat dan menjadi rule model yang bisa dicontoh oleh seluruh masyarakat, khusunya masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara dalam mencegah dan menghadapi penularan Covid 19,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kapolrs BU menyampaikan pula terkait melaksanakan penandatanganan MoU program diseminasi pengembangan pendidikan keselamatan berlalu lintas bersama Dinas Pendidikan, menurutnya, pedandatanganan itu dilakukan untuk mengedukasi secara dini para siswa untuk tertib berlalu lintas.

Diseminasi pengembangan pendidikan keselamatan berlalulintas  ini merupakan bagian dari edukasi secara dini dalam upaya antisipasi keselamatan serta menanamkan nilai-nilai persetujuan dan disiplin dalam berlalu lintas

peningkatkan pengetahuan tentang lalu lintas dari usia dini terkait materi lalu lintas yang masuk ke kurikulum pendidikan agar masyarakat dari usia dini dapat mengetahui bagaimana mekanisme berlalu lintas,”sampainya.

“Dengan adanya bentuk kerjasama ini tentunya akan lebih mengedukasi peserta didik kita untuk tertib berlalu lintas,” terangnya.

Sementara itu, Dr.H. Iskandar ZO menyampaikan apresiasi kepada polres BU karena program kampung berseri menghasilkan banyak manfaat.

“Atas nama pemerintah daerah, apresiasi kepada Polda Bengkulu terutama Polres BU, yang telah memberikan penghargaan kepada desa-desa yang melaksanakan program kampung berseri karena program ini memiliki dua hal terkait manfaat yakni pertama merubah kebiasaan atau perilaku di era new Normal karena syarat untuk memutus mata rantai Covid -19 syaratnya harus bersih dan kedua sebagai upaya program penurunan stunting meningkatkan kemandirian di masyarakat," tutupnya. (MC Bengkulu Utara)

Dibaca : 3Klik

Facebook comments