Skip to main content
x
Kampus
Mahasiswa KKN IAIN Bengkulu

Sebanyak 1600 Mahasiswa IAIN Bengkulu Siap Ikuti Kegiatan KKN

Dutawarta.com  - Sebanyak 1600 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu bersiap mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2019. KKN itu terbagi menjadi empat jenis, yakni KKN Serumpun Melayu, KKN Terintegrasi, KKN Berbasis Masjid dan KKN Nusantara.

Untuk KKN Serumpun Melayu dilaksanakan di Provinsi Jambi dan Provinsi Pekan Baru, sedangkan KKN Terintegrasi akan dilaksanakan selama 3 bulan di desa-desa Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, dan Desa Margo Mulya, Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah. Sedangkan KKN Berbasis Masjid akan dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Selatan. 

Program KKN Berbasis Masjid paling banyak diikuti mahasiswa. Setidaknya ada 161 kelompok untuk KKN Berbasis Masjid yang akan disebar di 9 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Diharapkan mahasiswa IAIN Bengkulu yang mengikuti KKN dapat memberikan kontribusi positif ditengah masyarakat dengan mengamalkan Ilmu yang telah di dapat di bangku perkuliahan, serta dengan adanya KKN ini mahasiswa dapat mengambil pengalaman dan juga ilmu dengan terjun langsung di tengah masyarakat," kata Rektor IAIN Bengkulu Prof Dr Sirajuddin, Kamis (20/6/2019) saat memberikan sambutan dalam pembekalan mahasiswa KKN di Auditorium IAIN Bengkulu.

Ketua Panitia KKN IAIN Bengkulu 2019, Idwal, menjelaskan, pembekalan mahasiswa yang akan mengikuti KKN dilaksanakan selama dua hari, yakni 19 Juni 2019 sampai 20 Juni 2019. 

"Kita membekali mahasiswa yang akan mengikuti KKN dengan trik dan kiat sukses berkecimpung di tengah masyarakat. Selain itu, juga kita bekali dengan hal-hal teknis yang akan dilakukan di lapangan nantinya, misalnya tentang kelengkapan kesekretariatan, teknis pelaporan, hak dan kewajiban mahasiswa dan lainnya," terang Idwal.

Diterangkan Idwal, untuk pemberangkatan KKN Berbasis Masjid di Bengkulu Selatan, mereka akan diberangkarkan pada 27 Juli 2019 nanti dengan diserahkan secara resmi kepada Bupati Bengkulu Selatan. Sedangkan KKN Rumpun Melayu dan KKN Nusantara akan diberangkatkan pada 28 Juli 2019 dan KKN Luar Negeri akan berangkat pada 27 Juli 2019. (Jk)

Dibaca : 21Klik

Facebook comments