Skip to main content
x
Daerah
Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat NALA 2021

Rakor Lintas Sektoral, Samakan Persepsi untuk Pengamanan Larangan Mudik Lebaran 2021

Dutawarta.com - Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat NALA 2021 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri, digelar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkulu Utara, di Aula Amarta Bhayangkara Polres Bengkulu Utara, Rabu (28/4/2021).

Rakor dalam rangka menyamakan persepsi dan juga menyamakan langkah di lapangan untuk mengamankan kebijakan Pemerintah mengenai larangan mudik Lebaran 2021 tersebut diikuti oleh Ir H Mian Bupati BU, AKBP Anton Setyo Hartanto SIK MH Kapolres BU, Letkol Inf. Agung Pramudyo Saksono SH MSi Dandim 0423 BU, Perwakilan MUI, perwakilan Kemenag, perwakilan OPD terkait dan jajaran Polres Bengkulu Utara.

Dalam sambutanya, Ir H Mian menyampaikan menyampaikan sejumlah langkah yang diambil Pemkab Bengkulu Utara menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat tentang larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 dan himbauan pemerintah terkait larangan mudik. Untuk itu kita menghimbau ke pada masyarakat BU untuk tidak mudik keluar Provinsi dan bagi masyarakat berada di luar provinsi untuk tidak kembali sementara waktu ini untuk mencegah penularan Covid-19," jelas bupati Mian.

Lanjutnya, melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara telah mengeluarkan Surat Edaran bagi ASN, Honorer agar tidak membuat acara buka bersama atau open house. untuk takbir keliling mungkin ditiadakan dan untuk sholat idul fitri tetap dijalankan menerapkan prokes dan tidak berkerumun.

"Ini semua tetap berkolaborasi dengan Satgas sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran atau perkembangan Covid-19, wilayah kita ini zona orange mendekati zona merah, agar tidak terjadi ledakan atau klaster baru menjelang lebaran. Untuk itu kita himbau kepada masyarakat agar taat protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, AKBP.Anton Setyo Hartanto SIK MH menegaskan bahwa dalam melaksanakan Operasi Ketupat Nala 2021 Polres BU berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Dalam pelaksanaannya kita bersama Dinkes, Dinas PU, Dishub, BPBD, SATPOL PP dan dibantu rekan TNI. Kita akan menyiapkan 3 pos untuk kedisiplinan masyarakat agar patuh pada prokes," terangnya.

Disampaikan juga Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono SH MSI menegaskan bahwa jajaran Kodim 0423 siap mem-backup pemerintah daerah dan Polri dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

"Yang pertama kita menyesuaikan apa yang menjadi aturan atau himbauan pemerintah pusat dan pimpinan, seperti larangan mudik dan lain sebagainya.Yang kedua kami akan membantu mem-backup secara maksimal pemerintah dan jajaran polres BU dalam upaya-upaya agar penyebaran Covid-19 tidak meningkat," tegasnya.

Dibaca : 9Klik

Facebook comments