Skip to main content
x
Advertorial
Pusbakik IAIN Bengkulu

Pusbakik IAIN Bengkulu Melaunching Tes TOEFL/TOAFL Online

Dutawarta.com - Pusat Bahasa, Kajian Islam, dan Kebudayaan (Pusbakik) IAIN Bengkulu melaksanakan tes TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) dan TOAFL (Test Of Arabic as a Foreign Language) secara daring selama Bulan Januari 2021. Pelaksanan tes ini dilaksanakan dari rumah lewat gawai masing – masing mahasiswa. Pelaksaan tes TOEFl/TOAFL Daring ini adalah yang pertama dilakukan dilingkungan IAIN Bengkulu, Minggu (07/02/2021)

Pelaksaan Tes TOEFL dan TOAFL daring ini merupakan upaya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa di lingkungan IAIN Bengkulu meski saat ini dunia tengah menghadapi pandemi covid 19 yang salah satunya mengharuskan sistem pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sementara di sisi lain, kebutuhan akan sertifikat TOEFL/TOAFL sangat mendesak sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti ujian munaqosyah bagi mahasiswa.

Selain itu, ide pelaksaan tes secara daring ini juga merupakan bentuk inovasi demi mencapai visi Pusbakik untuk menjadi pusat pembelajaran, pelayanan, pelatihan dan pengembangan bahasa, serta studi Islam dan Budaya yang sangat baik di tingkat nasional pada 2023.

Tes ini diikuti oleh kurang lebih 1500 mahasiswa yang berasal dari empat fakultas dengan rincian sebagai berikut fakultas tarbiyah dan tadris (FTT) berjumlah 842 orang, fakultas ekonomi dan bisnis islam (FEBI) berjumlah 253 orang, fakultas syariah berjumlah 221 orang, dan fakultas usuluddin, adab, dan dakwah (FUAD) berjumlah 114 orang. Seebelum pelaksaan tes, mahasiswa ini diharuskan melakukan pendaftaran secara daring pula lewat aplikasi google form.

Sebelum pelaksaan tes daring ini pula, simulasi dan uji coba tes juga telah dilaksanakan selama bulan Desember 2020 yang melibatkan beberapa mahasiswa semester lima secara acak. Hal ini dimaksudkan agar dapat di uji dan dievaluasi agar pelaksaan tes kelak bisa meminimalisasi kendala teknis yang mungkin terjadi selama pelaksaan tes.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, dimulai dari tanggal 9 Januari 2021 hanya akan ada satu fakultas yang terdiri dari beberapa prodi yang akan melaksaaan tes TOEFL dan TOAFL secara daring, diawali dengan mahasiswa FTT lalu berturut – turut mahasiswa FEBI, mahasiswa Syariah, dan mahasiswa FUAD.Tujuan dari pembagian jadwal dimaksudkan agar pelaksaan tes lebih maksimal dan terfokus. (Adv)

Dibaca : 4Klik

Facebook comments