Skip to main content
x
Pengecekan kesehatan

Mahasiswa Poltekes Kemenkes Bengkulu Cek Kesehatan Pegawai Rutan Bengkulu

Dutawarta.com - Dalam rangka Pra Penelitian Skripsi di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu, hari ini, Rabu (07/12/2022) dua orang mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Bengkulu menggelar skrining tes terhadap Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rutan Kelas IIB Bengkulu sekitar pukul 08.00 WIB. 

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu, Farizal Antony, melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Medi Ihwandi menjelaskan, skrining tes bagi pegawai tersebut dilakukan untuk mendeteksi adanya gejala hipertensi (darah tinggi) pada pegawai. Hal tersebut lanjut Medi sesuai dengan fokus penelitian yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut.

"Jadi hari ini kita laksanakan skrining tes untuk mendeteksi pegawai yang memiliki gejala hipertensi, kebetulan fokus penelitian dari mahasiswa tersebut adalah penanganan hipertensi melalui konsumsi susu kedelai buah naga," ujar Medi.

Sementara itu, Pika Kusmita, selaku mahasiswa Poltekkes yang akan melakukan penelitian tersebut menjelaskan, dari hasil skrining tes tersebut akan diambil sampel pegawai yang memiliki tensi darah diatas 120 mmHg untuk selanjutnya akan diberikan penanganan melalui pemberian minuman susu kedalai buah naga.

"Sesuai judul penelitian yang saya angkat, yakni Pengaruh Pemberian Susu Kedelai Buah Naga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Bagi Penderita Pre Hipertensi di Rutan Kelas IIB Bengkulu. Hari ini saya bersama rekan saya melakukan skrining tes untuk mendata pegawai yang masuk kategori Pre Hipertensi. Selanjutnya, untuk kegiatan penelitian pegawai yang masuk kategori tersebut akan diberikan penanganan melalui pemberian minuman susu kedelai buah naga satu hari sekali selama tujuh hari," ungkap Pika.

Lebih lanjut Pika juga menjelaskan bahwa sebelumnya sudah ada penelitian serupa dan memang hasilnya pemberian susu kedelai buah naga pada penderita Pre Hipertensi memiliki dampak positif pada penurunan tekanan darah. 

"Kegiatan penelitian ini sudah melalui kajian pustaka dan memang pada penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya susu kedelai buah naga memiliki efek positif bagi penurunan tekanan darah, untuk itu disini saya ingin melakukan perbandingan terhadap hasil penelitian di Rutan Kelas IIB Bengkulu," tutup Pika. 

Dibaca : 1Klik

Facebook comments