Skip to main content
x
Nasional
Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Jawa Timur

Kunker ke Jawa Timur, Jokowi Kenakan Jaket Pendamping Desa

Dutawarta.com  - Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jawa Timur dalam rangka Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 sempat menjadi perhatian publik karena Presiden menerima kenang2an berupa jaket dari Pendamping Desa. Jaket bertuliskan "Pendamping Desa" tersebut diserahkan oleh Pendamping Desa kepada  Presiden Jokowi yang dinilai sebagai Bapak Pembangunan Desa yang telah mengapresiasi kinerja pendamping desa dalam menfasilitasi Desa dalam konteks pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

"Jaket tersebut secara spontanitas diserahkan oleh Pendamping Desa ke hadapan Presiden dan beliau berkenan mengenakannya. Luar biasa. Terima kasih bapak Presiden Jokowi", ujar Andry Dewanto Ahmad,  Koordinator Pendamping Desa Provinsi Jawa Timur di sela-sela mendampingi Dirjen PPMD, Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo dalam rangka kunker Presiden Jokowi ke Jawa Timur di Gedung DBL, Surabaya, Sabtu (02/02/2019).

Andry mengatakan, jaket  tersebut merupakan bentuk penghargaan dari Pendamping Desa kepada Presiden Jokowi sebagai Bapak Pembangunan Desa. 

Sebab, Presiden Jokowi dalam acara tersebut juga  menyatakan apresiasi kepada para Pegiat Desa, Kepala Desa, Kader Posyandu, Guru-guru PAUD, Pengurus BUMDes dan Pendamping Desa atas kerja keras mereka dalam 
tugas pendampingan  Desa selama empat Tahun ini. 

Tugas pendampingan tersebut, menurut Andry, meliputi bidang perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan program pembangunan Desa oleh Kepala Desa dan Pemerintah Desa bersama-sama masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, utamanya penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN. 

Menurut Andry, Dana Desa telah mampu menekan angka kemiskinan, mengurangi disvaritas antar Desa terutama di Jawa Timur. Selain itu, Dana Desa juga mampu meningkatkan ekonomi warga Desa dan mengangkat kualitas SDM  masyarakat Desa. 

"Kami, pendamping desa terus melakukan kerja pemberdayaan masyarakat dan inovasi Desa bersama-sama Pemerintah Desa, Para Pegiat Desa dan masyarakat dalam mengawal Dana Desa, sehingga  Dana Desa dirasakan manfaatnya bagi kemajuan Desa yang diapresiasi oleh Presiden Jokowi," pungkasnya. (**)

Dibaca : 2Klik

Facebook comments