Skip to main content
x
Daerah
KPU Kepahiang melakukan uji kekuatan kotak suara Pemilu 2019

KPU Kepahiang Tes Kekuatan Kotak Suara 'Kardus' Pemilu 2019

Kepahiang, Dutawarta.com - Sejak kotak suara berbahan dasar kardus ramai jadi perbincangan di dunia maya hingga kalangan masyarakat, Rabu (19/12/18) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang pun melakukan uji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 itu. Uji kekuatan kotak suara berbahan karton kedap air itu dilakukan dengan cara diduduki oleh Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat, kemudian juga diuji dengan disirami air.

Mirzan memulai simulasi pengujian kotak suara kardus dan terbukti tidak ada masalah, pertama kotak suara kardus dirakit kemudian diduduki secara bergantian dengan berat badan berbeda, yang disaksikan sejumlah pihak mulai dari Bawaslu, Aparat Kepolisian, dan Komisioner KPU. Tak hanya itu, Mirzan kemudian menyiram bagian luar kotak suara dengan air, alhasil kotak suara tersebut tidak tembus air.

"Uji kekuatan kotak suara kardus ini kita lakukan untuk membuktikan ketahanannya, dengan cara diduduki dan disirami dengan air," ujar Mirzan.

KPU Kepahiang membuktikan bahwa kotak suara tersebut benar-benar kuat saat dipergunakan dalam pemungutan suara pada Pemilu 2019 mendatang. Bahwa, spesifikasi kotak suara berdasarkan keputusan KPU berbahan karton double wall dengan ketebalan karton 6 mm. (M)

Dibaca : 2Klik

Facebook comments