Skip to main content
x
Foto bersama

Institut Kopi Ilmiah Sukses Gelar Roasting and Cupping Class II tahun 2021

Dutawarta.com - Institut Kopi Ilmiah (IKI) Cabang Bengkulu sukses menggelar pelatihan Roasting and Cupping Class II tahun 2021 dengan menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu.

Pelatihan yang dipusatkan di Asrama Haji Bengkulu selama 3 hari (15-17 September 2021) ini, melibatkan 15 delegasi pelaku kopi dari 5 kabupaten 1 kota se Provinsi Bengkulu. Seperti perwakilan dari petani kopi, pelaku UMKM kopi dan pegiat Coffee Shop.

"Pelatihan ini yang kedua dilaksanakan oleh IKI Cabang Bengkulu. Tujuannya, untuk menciptakan SDM kopi yang kompeten di bidangnya," jelas Ketua IKI Cabang Bengkulu Abd. Khafi usai penutupan Roasting and Cupping Class II tahun 2021, 17/09/2021.

Selain itu, kata Cak Khafi sapaan akrabnya, kopi Bengkulu yang memiliki cita rasa khas dan unik perlu dieksplor dengan kemampuan roasting dan cupping. Baik secara mandiri maupun kelompok.

"Bengkulu bukan lagi hanya punya potensi kopi. Tapi memang sudah masuk 5 besar penghasil kopi terbesar di Indonesia. Namun masih belum mendapatkan nama," terang Cak Khafi.

Maka dari itu, tambah Khafi, IKI mencoba berkontribusi menciptakan SDM kopi Bengkulu lebih baik melalui pelatihan pasca panen, roasting, uji citarasa hingga basic brewing kepada pegiat-pegiat kopi yang dipilih secara ketat untuk meningkatkan kualitas kopi Bengkulu itu sendiri.

"SDM kopi Bengkulu yang memiliki kompetensi dan daya saing menjadi keharusan agar kopi Bengkulu diperhitungkan di skala nasional bahkan internasional dan yang utama bisa mendapatkan pasar yang luas," tegasnya.

Cak Khafi juga menegaskan bahwa IKI berkomitmen akan terus mendorong tumbuhnya wirausahawan kopi mulai dari hulu hingga hilir melalui sinergi dan kolaborasi semua pihak.

"PRnya sangat banyak. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu kolaborasi dan sinergi semua pihak. Bahkan di tingkat pelaku kopi sekalipun. Kami ucapkan terimakasih kepada BI Bengkulu yang sudah memberikan suport," kata Cak Khafi.

Harapannya, para alumni pelatihan Roasting and Cupping Class II tahun 2021 bisa berkembang maju dan pastinya juga dapat menjadi mentor di daerahnya masing-masing.

"Semoga para alumni yang tersebar luas punya dampak positif pada lingkungannya masing-masing," tutupnya.

Menurut Sigit Kurniawan, bahwa pelatihan selama 3 hari punya kesan sangat kuat karena seluruh peserta aktif mengikuti materi dan praktek.

"Pesertanya sangat antusias, jadi kami optimis dunia perkopian di Bengkulu akan berkembang pesat di masa depan," kisah Sigit trainer muda yang dimiliki IKI pusat ini.

Berikut skill para trainer yang dihadirkan oleh Institut Kopi Ilmiah (IKI) Cabang Bengkulu: Maulana Gafurrachim, Brewers dan Coffee Roaster, Sigit Kurniawan, Coffee Roaster, Brewers, sekaligus Cup Tester dan Septiana Sandi, Barista dan Coffee Roaster.

Untuk diketahui, bahwa pembukaan pelatihan Roasting and Cupping Class II tahun 2021 dibuka secara langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Joni Marsius dan ditutup oleh Deputi KPw BI provinsi Bengkulu bapak M. Rizki Hamami.

Dibaca : 3Klik

Facebook comments