Skip to main content
x
Politik
Irwan Saputra

Peserta Pemilu Bisa Memanfaatkan Masa Kampanye Sesuai dengan Aturan yang Berlaku

Dutawarta.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, sudah mulai melakukan tahapan-tahapan Kampanye yang sifatnya pemasangan APK, Stiker calon dan kartu nama yang diberikan langsung kepada masyarakat sehingga bisa memahami  fungsi dan tugas dalam pemilihan Pileg dan Pilpres.

Dikatakan Irwan Saputra, pada tanggal 15 desember  2018 lalu, mulai bekerja untuk mendata pemili-pemili masuk kategori dua hal yaitu, pemili yang terdata didalam  dapat akan tetapi akan memilih diluar tempat memilih yang bersangkutan terdaftar yang sering kita sebut daftar mata pemili tambahan.

Saat ini KPU sudah mulai mendata  ini untuk  memastikan bahwa kepindahan  mereka itu terfasilitasi sesuai dengan perundang-undang, kedua mereka  yang tidak terdaftar  didalam dpt yang sudah ditetapkan namun mereka memiliki dokumen  kependudukan, dalam kata gorikan daftar khusus. Dua kata gori  ini yang sedang pendataan oleh KPU agar mereka  bisah terfasilitasi  pada saat pemungutan suara Pileg dan Pilpres  2019.

"Kita sudah mulai mendata daftar pemili tambahan, apabila  yang bersangkutan tidak memiliki ditempat yang sudah ditetapkan DPT, kemudian  kita juga mendata yang tidak terdaftar didalam DPT yang sudah ditetapkan bisa memili pada saat pemungutan surat suara" kata Irwan Saputra Ketua KPU Provinsi Bengkulu

Saat masih dalam tahapan kampanye, kita melakukan  monitoring  supervisif yang dilaksanakan  peserta  pemilu saat ini. Pada bulan maret nanti kampanye dalam bentuk rapat umum dan pemasangan iklan di media, sudah kita mempersiapkan  regulasi-regulasi yang mengatur untuk  memastikan tahapan  kampanye pemasangan  iklan di media masa maupun rapat umum bisah berjalan dengan baik.

"Pemasangan iklan di media massa itu baru diperbolehkan dibulan maret untuk calon anggota  DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota, serta rapat umum, KPU sudah mempersiapkan regulasi-regulasi yang mengatur untuk memastikan tahapan  kampanye pemasangan  iklan di media masa maupun rapat umum bisah berjalan dengan baik" ungkapnya.

Kendati itu, pada awal 2019 ini KPU akan memprioritaskan sosialisasikan  teknis penyelenggaraan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi nantinya. Kita juga sudah menyusun  perencanaan kegiatan sosialisasi mulai januari paling lama awal februari  2019. (Joko)

Dibaca : 1Klik

Facebook comments