Skip to main content
x
Daerah
Pusat Latihan Gajah (PLG) Bengkulu Utara

Peran Aktif Dispar Bengkulu Utara Tingkatkan Fungsi Objek Wisata PLG Menuju Objek Wisata Berskala Internasional

Bengkulu Utara, Dutawarta.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, aktif dalam melaksanakan pemetaan dan perencanaan untuk meningkatkan fungsi Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat sebagai ikon pariwisata.

H Mustarani Abidin, selaku kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Utara menegaskan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata, telah melakukan berbagai kegiatan dan perencanaan untuk meningkatkan fungsi pariwisata PLG agar tidak hanya menjadi di kenal secara lokal tetapi ke tingkat internasional. namun hal ini dapat dilaksanakan dengan koordinasi ke semua sektor terkait dan secara bertahap.

“Dinas Pariwisata sifatnya mempromosikan objek wisata di Bengkulu Utara, salah satunya Pusat Latihan Gajah di Desa Suka Baru Kecamatan Marga Sakti Seblat Bengkulu Utara, Kami telah mempromosikan dan tengah merencanakan bagaimana upaya untuk meningkatkan PLG ini agar menjadi objek wisata yang dapat diandalkan sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat setempat, bahkan secara bertahap agar Objek wisata PLG dapat bertaraf secara Internasional, namun semua itu secara bertahap, membutuhkan koordinasi, kerjasama dengan masyarakat setempat melalui dinas instansi terkait seperti dinas PU, dan Pihak keamanan,”jelas Mustarani, Kamis (18/10/2018).

Lebih Lanjut, Mustarani Abidin menambahkan bahwa selama ini dispar telah melaksanakan kunjungan, pemetaan serta melakukan pelatihan sadar wisata untuk masyarakat setempat.

“Dinas Pariwisata telah melakukan pemetaan di berbagai potensi wisata di Bengkulu Utara, salah satunya di PLG seblat, Dispar BU telah melakukan sosialisasi, maupun bimtek sadar wisata bagaimana menciptakan homestay yang nyaman, kuliner untuk pengunjung yang telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, pihak desa serta masyarakat,”Ujar Kadis Pariwisata BU.

Bahwa untuk meningkatkan potensi wisata PLG banyak hal yang dapat dilakukan seperti membangun gapura, menara pandang sehingga suatu saat nanti pengunjung dapat memandang gajah dari kejauhan tidak harus masuk hutan, selain itu masyarakat dapat memperkenalkan Budaya, adat istiadat, kuliner, bahkan kerajinan tangan yang dapat menjadikan souvenir, dan diperkenalkan melalui kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Tentu semua ini dapat terwujud dengan bekerja sama, untuk itu kita berharap kepada masyarakat agar berkoordinasi antar desa dan bisa memanfaatkan sebagian Dana Desa untuk meningkatkan fasilitas wisata, dengan adanya wisatawan yang berkunjungg, sehinnga dapat meningkatkan perputaran perekonomian berbasis kerakyatan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,”jelasnya. (**)

Dibaca : 8Klik

Facebook comments