Skip to main content
x
Pemkot bengkulu
Putrawansyah selaku Lurah Sawah Lebar Baru

Lurah Sawah Lebar Baru Akan Bentuk Kelompok Kecil Tingkat RT untuk Mengolah Sampah

Dutawarta.com - Surat edaran Wali Kota Bengkulu tetang sampah ditindaklanjuti oleh masing-masing lurah dengan cara yang berneda-beda. Seperti di kelurahan Sawah Lebar Baru Kecamatan Ratu Agung, lurah berencana untuk membentuk kelompok-kelompok kecil di tingkat RT untuk mengelola sampah.

Ini disampaikan langsung Putrawansyah selaku Lurah Sawah Lebar Baru, Kamis (25/3/2021) saat ditemui di ruangan kerjanya.

“Kami akan membentuk kelompok-kelompok kecil di tingkat RT. Kelompok kecil inilah nanti akan dibantu peralatan seperti ember-ember besar untuk tempat permentasi sampah. Hasil sampah organik itu nanti diolah jadi kompos. Karena sampah organik lebih cepat diolah,” jelas Putrawansyah

Dikatakannya, rencana pembentukan kelompok kecil itu muncul setelah studi banding ke Lombok.

“Kami juga akan koordinasi dengan LPM. Akan kami libatkan LPM untuk penambahan petugas pengumpul sampah,” kata Putrawansyah.

Selain itu, tindaklanjut dari SE wali kota, pihak kelurahan Sawah Lebar Baru juga akan menyurati RT agar lebih gencar mensosialisasikan kepada warganya untuk lebih tertib dalam pengelolaan sampah.

“Kita minta RT agar setiap warga disurati, minimal warga menjaga kebersihan rumah dan pekarangan rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, diwawancarai terpisah Camat Ratu Samban, Achmad Tafri Budy sudah perintahkan lurah agar mengajak seluruh RT di wilayahnya melakukan gotong royong minimal sekali seminggu.

“Saya minta lurah perintahkan RT lebih sosialisasikan SE walikota kepada warga. Saya juga minta lurah bikin jadwal gotong royong minimal sekali seminggu. Kita memotivasi warga agar terpanggil untuk membuang sampah pada tempatnya,” kata Achnad.

Saat ini, pihaknya sedang fokus untuk menata kebersihan di wilayah kelurahan Kebun Geran, Pengantungan, Anggut Dalam, Anggut Bawah dan Kebun Dahri serta di kawasan Soeprapto.

“Saya minta lurah terus sosialisasikan, terkhusus yang kita fokuskan di Kebun Dahri, Pengantungan, Anggut Bawah, Anggut Dalam dan Kebun Geran,” ujar Achmad.

Achmad juga mengatakan akan memberikan reward kepada siapa saja warga di memviralkan orang membuang sampah sembarangan di kawasan Ratu Samban.(MC Kota Bengkulu)

Dibaca : 4Klik

Facebook comments