Skip to main content
x
kapolda Bengkulu Bengkulu Irjen Pol Drs Guntur Setyanto M.Si saat kunjungan kerja ke Polres Bengkulu Tengah

Kapolda Bengkulu Kunker ke Polres Benteng, Bahas Penanganan Covid-19, Vaksinasi dan PEN

Dutawarta.com - Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Guntur Setyanto M.Si melakukan kunjungan kerja ke Polres Bengkulu Tengah, Selasa (14/9/2021). Dalam kunjungannya itu, Kapolda didampingi oleh Karo Ops Kombes Pol Dede Alamsyah S.I, Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu, Kabid Humas Kombes Pol Sudarno dan rombongan.

Hukum

Kehadiran Kapolda ke Mapolres Bengkulu Tengah disambut oleh Kapolres Bengkulu Tengah, Kajari, Ketua PN Argamakmur, Asisten II Bengkulu Tengah, Kepala Kesbangpol Bengkulu Tengah, Kadinkes Bengkulu Tengah, Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Ketua MUI Bengkulu Tengah, dan pejabat Polres Bengkulu Tengah.

Usai penyambutan, Kapolda langsung melakukan pengecekan Gerai Vaksin Polres Bengkulu Tengah dan pengecekan Pembangunan Gedung Utama Makopolres Bengkulu Tengah.

Kegiatan dilanjutkan dengan Anev Penanganan Covid-19, Vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Kapolres Bengkulu Tengah AKBP Ary Baroto S.IK MH memaparkan, sampai hari ini, tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Bengkulu Tengah. Selain itu, Kapolres menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan oleh Polres Bengkulu Tengah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan, melaksanakan Operasi Aman Nusa dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) penanganan Covid-19.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemda Bengkulu Tengah mengatakan, pihaknya sangat mendukung segala Program dan Tugas Polri untuk menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah

. Pihaknya berharap akan terus terjalin sinergi denga Polri dalam penanganan Covid-19.

Dalam arahannya, Kapolda Bengkulu mengatakan, segala sesuatu kegiatan resmi atau di kelembagaan dilarang menggunakan agama atau istilah-istilah tertentu karena negara ini bukan dibangun dengan agama tertentu, tetapi negara ini di bangun dengan pejuang-pejuang lintas agama dan berbagai suku-suku di Indonesia. Dalam hal ini, Polri bertugas sebagai pelayan pelindung pengayom dan penegak hukum.

Kapolda menekankan, pentingnya menanamkan nasionalisme dikalangan masyarakat untuk memajukan negara.

Dalam upaya penanganan Covid-19, Kapolda menyampaikan pemerintah telah melakukan berbagai upaya dengan baik, namun masih ada kendala-kendala dalam penanganan.

Dalam pemaparannya terkait kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, Kapolda menegaskan pemerintah telah menangani masyarakat yang tertular Covid-19 dengan baik, yakni melalui penyediaan fasilitas perawatan untuk kesembuhan masyarakat.

Mengingat Covid-19 belum ada obatnya, maka pencegahan dan vaksinasi harus disukseskan bersama. Tergetnya, 70 persen masyarakat Bengkulu nantinya akan divaksin.

Kapolda juga berpesan agar masyarakat yang sudah divaksin untuk terus meningkatkan imun tubuh. 

Sementara untuk Dinas Kesehatan, Kapolda berpesan agar memperhatikan data yang diinput tidak terjadi kekeliruan untuk bahan pemerintah dalam mengambil kebijakan. Kapolda juga menyampaikan mendukung kebijakan Gubernur Bengkulu yang meminta setiap kabupaten di Provinsi Bengkulu membeli 1 lab dan tenaga medis PCR untuk percepatan penanganan Covid-19.

Disisi lain, Dinas Kesehatan diharapkan membagi vaksin khusus ke Polri dan agar tidak didrop langsung ke wilayah, agar tidak terjadi kekeliruan dalam vaksinasi. 

Terkait dengan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kapolda berpesan agar Satgas PC-PEN bekerja dengan tanggung jawab agar masyarakat menerima bantuan dan supaya terus melakukan evaluasi dan pengecekan.

Untuk diketahui, Polda Bengkulu saat ini telah membuat dan mendistribusikan buku panduan bantuan Covid-19. Buku tersebut untuk memberikan arahan dan informasi bagi masyarakat terkait penerimaan bantuan.

Kapolda menekankan agar Anggota Polri, khususnya Bhabinkamtibmas, Sat Binmas dan Sat Intelkam melakukan update data pesta setiap minggu. Hal itu untuk percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dipenutup, Kapolda menegaskan komitme Polri dan TNI dalam upaya menjaga keselamatan masyarakat. Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Dibaca : 2Klik

Facebook comments