Skip to main content
x
Kadis Dikbud Eri Yulian Hidayat

Kadis Dikbud: Peserta PPPK Tak Lulus Ujian Kompetensi I, Bisa Ulang Ujian Kedua

Dutawarta.com - Nasib para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja guru (PPPK) menjadi perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu khususnya saat rekrutmen PPPK tahun 2021.

Apalagi setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pertimbangan bahwa pemerintah pusat menunda pengumuman hasil uji kompetensi I PPPK akibat banyaknya peserta yang tak melampaui nilai passing grade.

Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, menyampaikan pihaknya masih menantikan hasil seleksi kompetensi I diumumkan. Apalagi, dalam ujian beberapa waktu lalu banyak peserta yang nilai ujiannya tidak melampaui passing grade.

“Tentu kami berharap, ada kabar baik dari Jumat besok itu,” kata Eri, Rabu (7/10/2021).

Ia memastikan bahwa peserta ujian PPPK memiliki kesempatan kedua pada uji kompetensi kedua nanti. Di mana rencananya akan digelar pada 26-30 Oktober 2021. Namun, untuk kepastian informasi nantinya, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Bagi yang tidak lulus, itu masih memiliki kesempatan untuk bersaing, selama formasinya belum terisi,” kata Eri.

Dijelaskannya, pada uji kompetensi pertama lalu, memang banyak peserta sudah dipastikan gagal setelah mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Peserta dalam kategori ini, juga berhak ikut Seleksi Kompetensi tahap II. 

Hal ini, termuat dalam aturan Kemendikbud melalui surat pengumuman nomor 3768/B/GT.01.00/2021 tentang Seleksi Penerimaan PPPK Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Pemerintah Daerah Tahun 2021.

“Usai pengumuman nanti, ada masa sanggahnya. Setelah itu, kami akan melangkah ke tahap kedua, yaitu uji kompetensi II. Dan yang berhak mengikuti uji kompetensi II ini adalah peserta yang memenuhi syarat syaratnya,” kata Eri

Sementara itu, berkenaan dengan 8 Oktober nanti direncanakan akan diumumkan hasil seleksi kompetensi I, ia berharap agar membawa kabar baik untuk para PPPK guru tersebut. 

Mengingat, pengumuman kelulusan ini menjadi penentu nasib para guru honorer peserta seleksi PPPK kompetensi I, apakah mereka akan lulus di tahap I atau kembali berkompetisi pada tahap II dan III nanti. (Adv)

Dibaca : 2Klik

Facebook comments