Skip to main content
x
Daerah
Diskominfo Gelar Pemaparan ke OPD

Dukung SPBE, Diskominfo Gelar Pemaparan ke OPD

Dutawarta.com - Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar paparan akhir penyesuaian rencana induk pemerintahan berbasis elektronik  tahun 2019. Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mukomuko. Acara digelar di Aula Diskominfo Mukomuko, Selasa (19/11/2019) dan dibuka secara langsung oleh Sekda Mukomuko, Drs Marjohan.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, Drs Ruslan bahwa kegiatan pemaparan ini untuk mendukung  dan melaksanakan kegiatan-kegiatan di OPD dalam menggunakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 95 tahun 2018 bahwa pemerintah termasuk pemerintah daerah itu sudah wajib melaksanakan sistem pemerintah berbasis elektronik yang dulu kita kenal dengan e- Government.

Lanjut Ruslan, bahwa mulai tahun ini Pemkab Mukomuko mulai sudah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektroni, kemudian Peraturan Bupati (Perbup) dalam rangka pelaksanaannya.

”Dan hari ini kita panggil seluruh OPD kita ingin memaparkan kegiatan - kegiatan tahun 2020 dalam rangka kita mendukung SPBE. Jadi, seluruh OPD semuanya berperan dalam pelaksanaan daerah. Maka dari itu hari ini (kemarin, red) kita lakukan pemaparan jadi dalam pelaksanaannya nanti OPD sudah tahu program apa yang dilakukan untuk menunjang SPBE sehingga SPBE berjalan dengan baik,” jelasnya. 

Ditambahkannya, setiap aplikasi yang ada didaerah kita ini muaranya di Diskominfo sedangkan teknis dilaksanakan oleh OPD masing-masing. Untuk Go Digital kita sudah ada Web dan seluruh OPD sudah ada hanya tingkat presentase sejauh mana OPD menggunakan ini yang masih kita dorong.

“Terutama data TPID ini sudah masuk ke Web kemudian aplikasi juga sudah kita link dan beberapa pelayanan sudah kita lakukan satu pintu,” demikian Ruslan. (MC Mukomuko)

Dibaca : 1Klik

Facebook comments