Skip to main content
x
Daerah
Foto bersama

Dinas Sosial Rejang Lebong Gelar Sosialisasi Kepemudaan

Dutawarta.com - Karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan juga sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar tanggung jawab sosial, oleh, dari dan untuk masyarakat khususnya generasi muda diwilayahnya desa/kelurahan yang terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Terkait hal itu, Kamis (12/12/2019), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong menggelar sosialisasi peran dan tanggung jawab sosial dan anggota karang taruna terhadap pembangunan kesejahteraan sosial di Gedung Balai Layanan Kesehatan Masyarakat (BLKM) Cawang Baru Curup.

Kegiatan sosialisai Kepemudaan dengan menghadirkan pengurus Karang Taruna dari 7 kecamatan di Rejang Lebong.

Kepala Dinsos Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi mengatakan, maksud dan tujuan Bimtek ini untuk menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan upaya karang taruna dalam melaksanakan kesejahteraan sosial pada generasi muda di desa/kelurahan secara terpadu, terarah dan berkelanjutan.

“Bimtek ini dimaksudkan untuk menambah ilmu, pemahaman dan wawasan serta memberikan motivasi kepada pengurus Karang Taruna, intinya peningkatan Sumber Daya Manusia agar memilki kemampuan mengelola Sumber Daya Alam berbasis kearifan lokal,” ujar Zulpan dalam sambutannya.

“Para pemuda ini memiliki potensi yang sangat besar dan bagus, jadi mereka ini harus diberdayakan,” tambahnya.

Organisasi Karang Taruna, ucap Zulpan, adalah organisasi cakupan yang cukup luas, mulai dari keagamaan, olahraga, sosial budaya, dan lainnya.

“Karang taruna ini tidak seperti Risma (Remaja Islam Masjid) yang hanya fokus pada bidang keagamaan saja, namun kalau Karang Taruna, seluruh bidang bisa dilakukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Zulpan juga mengungkapkan bahwa pihaknya berencana akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait oraganisasi karang taruna ini. Karena, kata Zulpan, dengan adanya Perbup tersebut akan memberikan keleluasaan dan perlindungan terhadap karang taruna.

“Dengan diterbitkannya Perbup ini tentu akan menjadi landasan hukum yang kuat bagi karang taruna untuk terlibat dalam kegiatan yang ada di desa atau kelurahan,”

“Namun untuk menerbitkan Perbup ini tidak bisa hanya dengan Dinas Sosial saja, tetapi kita akan sama-sama duduk dengan Stakeholder untuk membahas tentang penerbitan Perbup ini,” pungkasnya. (MC/Andi)

Dibaca : 5Klik

Facebook comments