Skip to main content
x
Pemkot bengkulu
Pemkot Gelar Lomba Mancing Mania

Berharap Potensi Pulau tikus Dilirik Pemerintah Pusat, Pemkot Gelar Lomba Mancing Mania

Dutawarta.com - Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bengkulu ke-302, Pemkot Bengkulu akan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya lomba mancing mania yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan RBTV.

Lomba mancing mania akan digelar di sekitar pulau tikus. Ini sebagai upaya sosialisasi pelestarian ekosistem alam laut dan pulau tikus (#savepulautikus) dengan mengekspos keindahan dan kekayaan alam pulau tikus yang bisa dimanfaatkan dalam pembangunan dan pelestarian.

Syafriandi selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu berharap melalui lomba mancing mania ini tereksposenya pulau tikus, tersalurnya seluruh hoby pemancing di Kota Bengkulu serta ada perhatian khusus dari pemerintah pusat setelah melihat potensi pulau tikus dan potensi lautnya.

“Kita menginginkan ini dilihat atau dilirik oleh pemerintah pusat terkait potensi yang ada di pulau tikus. Makanya kita undang Kemenko, DPR RI, dirjen dari KKP sehingga nanti kita berharap mereka hadir dan bisa melihat potensi pulau tikus dan potensi laut kita,” sampai Andi, sapaan akrabnya.

Alasan kenapa Pemkot Bengkulu ingin sekali pulau tikus dilirik oleh pemerintah pusat karena saat ini kondisi luasan pulau tikus hanya tersisa 0,5 hektar saja. Dulu, luasan pulau tikus 5 hektar dan memgecil karena abrasi menjadi 2,5 hektar hingga sekarang tinggal 0,5 hektar. Diharapkan ada upaya reklamasi dari pemerintah pusat.

“Diharapkan dengan adanya acara ini nanti ada penyelamatan terhadap pulau tikus atau perhatian khusus dari pemerintah pusat,” kata Andi.

Mengenai teknis kegiatan lomba mancing mania, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 10 sampai 28 Februari melalui web. Nanti pada hari H peserta kumpul di Pulau Baai. Syarat peserta harus warga Kota Bengkulu dan harus memiliki transport sampan atau kapal untuk ke tengah karena mancingnya di area pulau tikus.

Akan diambil dan ditetapkan 3 orang pemenang yang kriteria pemenangnya bukan berdasarkan kuantitas atau jumlah ikan yang ditangkap melainkan dilihat dari ukuran dan berat ikan yang ditangkap.

“Hadiahnya kita siapkan 1 unit motor untuk hadiah utama dan ada juga hadiah hiburan seprti TV, kulkas dan lainnya. Peserta kita buka seluas luasnya. Nanti ada 3 juri yang menilai yakni dari pihak Unib, Lanal Bengkulu dan dari DKP sendiri. Alhamdulillah animo masyarakat sangat tinggi. Sampai saat ini sudah 112 pendaftar. Kita perkirakan total peserta nanti sampai 400 orang,” demikian Andi.

Untuk info lebih lanjut atau untuk mendaftar silahkan klik link berikut http://bit.ly/LOMBAMANCINGMANIA-KOTABKL2021. (MC Kota Bengkulu)

Dibaca : 6Klik

Facebook comments