Skip to main content
x
ekbis
Rinaldi,SE,M.Sc, Kanwil Perbendaharaan Negara Provinsi Bengkulu

Bank Siapkan Dana Rp 855 Miliar Untuk KUR di Bengkulu

Kota Bengkulu, Dutawarta.com - Kepala perwakilan Bank Indonesai (BI) Bengkulu Endang Kurnia mengatakan disiapkan dana sebanyak Rp 855 miliar untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sayangnya, pihak Pemda melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait belum optimal memanfaatkan dana tersebut melalui fasilitasi pelaku usaha atau koperasi.

"Baru terealisasi Rp 360 miliar dari Rp 855 miliar," kata Endang, Selasa (28/8/2017). Untuk itu, Endang meminta kepala dinas dimasing-masing kabupaten dan kota untuk melakukan update data sehingga KUR segera berjalan. 

"Bank sudah siap mengucurkan dananya, KUR itu semuanya milik bank," kata kepala Kanwil Perbendaharaan Negara Provinsi Bengkulu Rinaldi,SE,M.Sc. Dijelaskannya KUR sudah lama dijalankan di Provinsi Bengkulu, namun untuk KUR tahun 2016 dan tahun ini adalah KUR yang mendapat subsidi. 

Diharapkan Rinaldi, data KUR selama ini diinput oleh pihak Bank, harapannya pemda melalui dinas terkait juga melakukan input data-data mengenai calon-calon debitur. "Pemerintah sudah menyiapkan subsidi KUR, namun subsidi tersebut diberikan dalam bentuk subsidi bunga. Misalnya bank menentukan bunga 12 persen, maka pemerintah akan memberikan subsidi 2 persen. Jadi masyarakat cukup membayar 9 persen," papar Rinaldi. (Junaidi)

Dibaca : 7Klik

Facebook comments